Prakerin/PKL Journey: Part 1 – Awal Kisah

Assalamualaikum wr wb
Akhirnya gue bisa nulis lagi di sini. Kangen banget masa ㅠ.ㅠ #lebay
Sebenernya gue pengen ngepost tentang pengalaman selama kelas 13 semester 7 kemarin kayak seminar bersama PKT 2, Stulap edisi Jawa-Bali, Ujian (hidup) kls 13 dll. Tapi itu hanya berakhir wacana, semua yg ingin ditulis malah banyak yang lupa.

Berhubung gue udh kls 13 makanya diwajibkan untuk mengikuti prakerin (praktik kerja industri) alias pkl kalo di smk-smk lainnya. Prakerin ini dilaksanakan selama 4 bulan full dari November 2016-Februari 2017. Beruntunglah yang sekolah di SMAKBo karena apa? Tempat prakerin itu ga ditentuin sekolah maksudnya kita bebas milih mau prakerin di perusahaan/balai apa saja, baik yang udah ada dalam daftar dari sekolah maupun yang belum ada. 

Btw perusahaan-perusahaan atau balai yang ada di daftar juga udh banyaaaak bgt kurang lebih 110an , baik BUMN maupun BUMS /? saking banyaknya gue jadi pusing sendiri pas mau milih XD . Nah pas bagi rapot smst gasal kelas 12, kami diberi formulir dan daftar perusahaan dari sekolah. Untuk pilihan kami diberi 3 pilihan yang menunjukan skala prioritas. Terserah deh mau diisi apa aja. Nah pilihan gue waktu itu adalah:

  1. PT Frisian Flag, Ciracas Jaktim
  2. PT Indolakto, Ciracas Jaktim
  3. PT Hale, Bogor

Ketiganya perusahaan minuman men wkwkwk dan buat pilihan pertama itu dipilih saat detik-detik terakhir ngisi formulirnya, tadinya mau nulis Genero tapi karena bbrp pertimbangan makanya gak jadi dan mata gue tertuju pada Frisian Flag sebagai penggantinya. 
Terus ada aja yang nanya “kenapa milih itu?” 

Kenapa?

Kenapa?

Kenapa?

Pertama: Lokasi

Lokasi yang di Jakarta masih bisa diakses dengan kereta jadi masalah jarak ga terlalu berpengruh. Tadinya pilihan pertama gue mau isi PT Genero (perusahaan farmasi kosmetik) tapi karena berlokasi di Cikarang kata bapak gue itu daerah yg susah kemana-mana, katanya kondisi lingkungannya juga kurang bagus (kawasan industri) dan harus ngekos yang membutuhkan biaya banyak (gue mau kuliah di PTN dulu men butuh biaya yg ga sedikit buat masuknya) akhirnya gugurlah PT Genero dari list gue.

Padahal setelah dijalanin, ternyata ongkos PP gue dari rumah sampe Frisian Flag mahal juga (22k sehari) walaupun naik kereta TTATT mahal di angkot 112nya, 10k bolak balik </////3 

Kedua: Passion di bidang pangan

Industri pangan akan terus ada selama manusia masih hidup karena pangan merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi setiap insan manusia. Karena itu juga gue dulu pengen masuk Tekpangnya IPB

Selain itu juga karena sampelnya bisa dikonsumsi, mayan kan makanan/minuman beraneka ragam yang gratis wkwkw

Ketiga: Bosan di Bogor dan ingin naik kereta/commuter line setiap hari

Ini alasan yang paling “aneh” dan gue sesalin sekarang ini. Karena semakin jauh lokasiya makin mahal juga ongkosnya, belum lagi capek selama perjalanan dan desak-desakan saat pergi maupun pulang dengan kereta </////3 

Lanjut….Setelah mengumpulkan berkas-berkas yang diperlukan tahap terakhir adalah menunggu pengumuman dari HKI. Ini nih tahap yang paling menegangkan, gue takut ga keterima di pilihan pertama kedua bahkan ketiga gue, soalnya itu kan skala prioritas dan gue ga tau kuota tiap perusahaannya berapa ㅠ_____ㅠ 

Satu persatu HKI mengumumkan penempatan prakerin, disitu gue sangat degdegan karena nama gue belum disebut buat menghadap HKI sedangkan udah banyak orang yg udah jelas prakerin di mana. Gue masih terombang-ambing wkwkwk. Tibalah saatnya nama gue, Eko, Karna dan Hakam disebut (Kami yg memilih Frisian Flag Ciracas jd pilihan pertama). Waktu itu sekitar bulan Agustus gue lagi nulis laporan praktik APL, dengan masih make jas lab gue lari ke HKI. Sampai di sana ternyata mereka cuma nerima 2 siswa, karena yang milih ber 4 maka pilihan diserahkan kembali ke kami. Biar adil alhasil kita make sistem kocokan. Subhanallah Alhamdulillah bgt nama gue keluar pertama~~~ seneeeeng rasanya…. akhirnya gue udah jelas bakal prakerin di mana, no more galau~~~~~~~ ╰( ̄▽ ̄)╭

Hikmah yang bisa gue petik dari sini adalah:

1. Harus memikirkan dgn matang segala pilihan yg akan dijalani

2. Pertimbangan lokasi dan biaya terutama transportasi sangat penting apalagi nanti gue mau kuliah.

3. Jangan menyesal dengan pilihan yang sudah diambil, karena Allah lebih tahu yang terbaik buat kita.

4. Cari uang itu penuh perjuangan. Jadi ga boleh boros soalnya ya karena cari uang itu capek :”)

Sekian dulu postingan gue di seri Prakerin Journey bagian pertama, semoga postingan ini bermanfaat terutama buat adek kelas yang masih kls 11 & 10 (kls 12 sih pasti udh dikasih formulir pilihan prakerinnya) hehehe 
S.E.M.A.N.G.A.T~~~!!!!!!


#NB:

– Ada beberapa perusahaan yang harus melewati proses seleksi di awal. Biasanya sih perusahaan yang kemungkinan bakal narik kerja siswa/siswi prakerin kalau udah lulus SMAKBo 🙂

– Berkas yang perlu dilampirin itu fotokopian rapot sama fotokopi kartu pelajar/KTP

– Ada kolom mengenai rata-rata nilai per semester, prestasi akademik/non akademik, kemampuan bahasa, hobi&kebiasaan, pengalaman organisasi (kalo ga salah) ini mungkin jadi nilai tersendiri buat perusahaan-perusahaan tertentu apalagi kalau peminatnya banyaaak

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s