[2 of 2] Perjalanan Dimulai: Langkah Pertama di UPB IPB Bahasa Korea

Halo, sebenernya sih ini postingan baru, tapi karena masih berkaitan makanya saya jadikan ini bagian ke dua dari [1 of 2] Perjalanan Mencari Kursus Bahasa Korea

Jujur aja ya, malem sebelum wawancara saya ga belajar apa-apa XD keburu kecapekan. Besok pagi sampe siangnya saya malah nonton TV atau lenjeh lenjeh di kasur sambil dengerin musik. Baru deh habis Zuhur saya ambil buku percakapan bahasa Korea dan buku Grammar
Saya mulai ngafalin cara perkenalan diri, nama hari, nama warna, angka korea (baik pure maupun sino korea) dan sedikit grammar korea (은/는, 이/가, 을/를) pokoknya saya belajar cuma sedikit dan sangat kilat :v

Selama di angkot 07 saya pun sedikit mengulik buku percakapan saya. Dan sialnya angkot yg saya naiki terjebak macet -_- selain itu waktu sudah menunjukkan pukul 14.45, saya panik dong soalnya janjian wawancara itu jam 3 sore mana si Syel nelpon mulu lagi, nanyain udah di mana. Saya udah negative thinking aja nih, takut kami ditolak diwawancara gara2 telat (saya pikir orang korea itu setipe sama orang jepang alias tepat waktu banget)

Akhirnya nyampe juga nih, saya pun bergegas menuju teman saya dan kami langsung berangkat ke IPB Gunung Gede. Untungnya sih kami ga telat, malah disuruh nunggu bentar. Pas di rumah sih biasa aja, eh nyampe sana malah deg degan banget –”

Sedikit Penampakan Bagian Luar

image

image

Kata Pak Usman kami bakal diwawancara perorangan dan bakal disuruh nyanyi juga, saya sih seneng seneng aja kalo beneran disuruh nyanyi /? Soalnya saya mau ngerap lagu iKON HEHEHEHEHE

Dan kampretnya, saya disuruh masuk duluan sama si Syel. Pas udah masuk, kata Seonsaengnimnya “cuma satu orang?” Yaudah tuh akhirnya Syel disuruh masuk juga, yey ga sendirian~~~~

Kami disuruh baca dan ngartiin beberapa kalimat dalam textbook. Ya saya sih cuma tau beberapa kata doang, mana saya agak keukeuh sama arti 안 돼요 hahaha #memalukan . Habis itu ditanyain udah belajar bahasa korea berapa lama, terus tujuan belajar korea buat apa. Kami diceritain kalo ujiannya ntar ada listening, writing, sama speaking dll, dan dikasih tau juga tentang ujian TOPIK. Wow…

Alhamdulillah ternyata kami diterima masuk kelas 1C, walaupun harus bener bener ngejar materi dari 1A-1B, awalnya kami pikir bakal ribet kayak disuruh perkenalan, ditanya tanya bahasa korea dsb ternyata cuma disuruh baca&ngartiin dan ditanya tanyainnya juga pake bahasa indonesia pula ^____^ . Selesai diwawancara langsung deh bayar, total yang dikeluarin itu 285 ribu untuk level 1C selama 12 minggu atau 24x pertemuan. Cuma sekali bayar doang di awal, itu tuh udah termasuk biaya pendaftaran, ujian, fotokopi textbook dan workbook. Murah bingiit kan??? Dibanding bahasa lain saya pikir bahasa korea paling murah apalagi yang ngajar Native langsung dari Koreanya ● 3●

O iya, tadinya 2 paket buku 1Cnya udah dibooking sama orang, berhubung kata bapaknya merekanya ga jelas kapan ngambil bukunya makanya buku tersebut akhirnya dikasih ke kami, yeayyy~~~

Sneek and Peek My Books From UPB IPB

image

image

[Keterangan: atas textbook, bawah workbook]

Sambil nunggu jam 4, saya nemenin Syel solat dulu di masjid. Rada gimana gitu, soalnya kan kami masih SMK dan bukan mahasiswa IPB. Dan sebagian besar mahasiswinya pake rok, da apa aku mah make jeans dan tshirt doang….. oke saya pun berasa kayak mahasiswi IPB waktu itu (insya Allah terwujud tahun depan, amiiin)

Udah tuh jam 4 langsung menuju kelas, ternyata udah banyak yg masuk kelas. Rada canggung juga sih…..
Seriusan saya rada ga mudeng sama apa yang dijelasin Seonsaengnim dan rada ga nangkep apa yang diomongin :((( , soalnya beliau ngebut materi BAB 1 karena ada murid baru….

Ini salah satu pengalaman unik saya, seonsaengnimnya ngejelasinnya kan pake bahasa indonesia, cara ngomongnya unik. Banyak kata kata dimasukin eu /?  Dan ngomong bahasa indonesianya logat korea banget (yaiyalah). Gitu lah pokoknya…. Saya jadi ngebayangin di masa depan suami saya ngomong bahasa indonesia berlogat korea hehehe

Penampakan Ruang Kelas

image

image

image

image

image

Doodles Karya Siswa 1A

Tapi serius walaupun baru pertama kali masuk kelas bahas korea disini atmosir keseruannya kerasa banget. Saya makin semangat belajar bahasa korea jadinya….

Ya walaupun ikut kursus bahasa korea apalagi yang ngajar native speaker saya tetap mengganggap diri saya seorang self learner/autodidak. Knapa? Soalnya masih banyak banget kekurangan saya dan basic Korean yang harus dipelajari dan bener bener dipahami (Tbh saya masih belum bisa menyusun kalimat dalam bahasa korea hikseu hikseu). O iya Saya sangat termotivasi sama blog KoreanVitamin. Keren banget deh, authornya self learner dan berhasil menguasai bahasa korea tingkat Advance, mana orang Indonesia pula. 대박악악악 jujur saya belajar bahasa korea udah dari tahun 2011 tapi ga pernah diseriusin jadinya sampe sekarang cuma bisa baca 한글 doang 😦

Setelah baca beberapa korean self learner blog saya tertarik buat beli buku bahasa korea, terbitan luar negeri semua sih terutama buku Korean Grammar in Use (sampe sekarang belum nemu buku bahasa korea berbahasa Indonesia yang bagus). Pas ngecek di yes24, buset satu buku aja harganya hampir 500 ribu rupiah 25000 won atau sekitar 200 ribuan kalo dirupiahin….. 어떻게요????? ㅠ_____ㅠ

Oke sekian dulu postingannya, semoga dengan ikut kursus bahasa korea di UPB IPB (dan tetap belajar secara otodidak) jadi langkah awal menguasai bahasa asing ke dua (한국어) untuk melanjutkan studi dengan beasiswa ke Korea Selatan nanti (FYI kemampuan bahasa korea sangat diperhitungkan loh) Amiin ya rabbalalamin….
Kalo mau nanya nanya bisa di komentar atau lewat email ke livjuan9@gmail.com .

Di bawah mendungnya langit Bogor,
24 April 2016

11 thoughts on “[2 of 2] Perjalanan Dimulai: Langkah Pertama di UPB IPB Bahasa Korea

  1. Halo min, mau nanya buku korean grammarnya namanya apa? Ak mau nyari korean grammar yg bagus, tp kudptnya krg bagus…
    Mohon pencerahannya…thanks

    • kalo aku sih pake yang Tata Bahasa Korea terbitan Kesaint Blanc, tapi itu buat grammar dasar. Kalo mau yang lebih lengkap aku rekomendasiin banget pake Korean Grammar In Use English ver itu impor korea sih tapi isinya bagus banget ^_^

  2. Hai aku mau nanya^^ kalau kelas 1A di ipb gunung gede itu bukanya kan abis agustus atau september tapi boleh daftar dari sekarang gak? ._. terus cara daftarnya tinggal daftar aja dateng kesananya atau harus bawa berkas dan kartu pelajar gitu gitu? btw ipb gunung gede itu yang deket botani apa bukan sih? maaf gak tau wilayah bogor situ:””
    maaf kebayakan nanya huhu

    • Pesen tempat gitu ya? Mungkin bisa, coba kamu telpon aja ke kantornya 8356833 . Wkt itu aku jg mw daftar 1A tapi mulainya habis lebaran kan, krn kelamaan nunggu makanya loncat 1C. Klo mw daftar siapin uang aja sama kartu pelajar klo ada, kmrn sih aku gitu. IPB Gunung gede itu sebrangnya Graha Telkom. Dari Botani square naik angkot 08 jurusan Wr. Jambu di depan tugu kujang klo boleh tau kamu dari daerah mana ya?

      • oh gitu boleh deh nanti aku telfon buat tanya tanya. bawa uangnya cuman 285rb kan buat satu semester kelas? atau kelas 1A sama 1C beda bayarny? oh aku kira ipb gunung gede sama pajajaran sama:” aku dari daerah yasmin cilendek tau gak? ._.

  3. Cielah iKONIC yak wkwk Aku Maba Ipb tahun ini. Diajakin masuk upb Korea Sama temen soalnya Murah. Btw Mau nanya dong, selama kursus disini pengetahuan bahasa koreanya mengalami signifikan Ga darii sebelumnya. Sama Mau nanya pas seonsaengnimnya nanya kamu tujuan belajar bahasa Korea apaa? Wkwk

    • Maaf banget baru bales yak hehe, iya nih aku ikonic bobby yunhyeong biased #gananya. Ada peningkatan yang lumayan signifikan buat aku, terutama grammar yang masya allah susah itu terus kalo temen2 yang lain juga ada peningkatan~ pas ditanya tujuan aku jawabnya karena mau ngambil beasiswa S2 di korsel 🙂 btw mau daftar upb mana? 🙂

      Kamis, 04 Agustus 2016, Vanadium Blog menulis: >

Leave a Reply

